Program Pemulihan Ekonomi Nasional Mampu Dukung UMKM di Masa Pandemi

JAKARTA - Anggota Komisi I DPR RI. A. Rizki Sadig mengatakan, pemulihan ekonomi nasional dan dunia digital berperan sangat luar biasa dalam tumbuh kembang UMKM. Pasalnya, dalam situasi pandemi seperti saat ini, peran dunia digital bisa membuka pasar lebih luas, bisa menjangkau konsumen jauh lebih banyak dan bisa menyampaikan beberapa informasi ataupun promosi-promosi dengan efektif dan efisien.

"Ini menjadi salah satu yang menjadi kekuatan perkembangan dunia digital di dalam proses pemulihan ekonomi nasional, khususnya membangun UMKM di masyarakat Indonesia, kata Rizki Sadig dalam webinar Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo RI yang bertemakan "Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Mendukung UMKM di Masa Pandemi, dikutip Senin 8 November.

Rizki Sadig pun berpesan kepada UMKM agar menggunakan momentum bagaimana perkembangan TIK dan fasilitas-fasilitas yang diberikan oeleh pemerintah secara menyeluruh mampu memperluas jaringan. Walaupun masih ada kendala di sana sini tetapi menurutnya, upaya yang dilakukan pemerintah sangat luar biasa.

"Seluruh pelaku UMKM dan seluruh generasi muda untuk meningkatkan kemampuan penguasaan dunia digital dalam kebutuhan sehari-hari," jelasnya.

Rizki Sadig juga menyampaikan, pemerintah bersama DPR masih belum lengkap untuk bisa meng-cover semua problematika yang muncul di dalam dunia digital.

"Karena perkembangan dunia digital itu sama dengan dunia nyata, di dalam situ ada orang baik da nada orang jahat, adaya yang punya niat untuk menipu da nada yang punya niat untuk membangun dan lain sebagainya, Kita harus sama-sama berhati-hati," tuturnya.