Kronologi Urip Arpan, 'Kembaran' Benyamin Sueb, Meninggal Dunia
Urip Arpan (Foto: istimewa)

Bagikan:

JAKARTA - Urip Arpan, aktor yang memiliki kemiripan dengan Benyamin Sueb, meninggal di kediaman anaknya di kawasan Depok, Jawa Barat pada Kamis, 29 Juli. Komedian meninggal karena stroke menahun. 

Kabar tersebut dikonfirmasi oleh putra pertama Urip, Arief. "Iya memang benar bapak meninggal. Karena memang kondisinya sudah menurun sejak lama. Dan kemarin sore sebenarnya bapak sudah saya mandikan karena memang selama ini beliau tinggalnya sama saya dan saya yang urus beliau selama ini. Dan meninggalnya juga karena sakit stroke yang memang sudah tahunan ya sakit stroke disamping beberapa penyakit komplikasi dan juga faktor usia yang memang sudah sepuh," tutur Arief saat dihubungi media.

Sebelum meninggal dunia, kondisi Urip Arpan memang sempat menurun dan mengalami sesak napas. "Memang kondisinya menurun. Jadi tadi masih sempat saya mandikan tadi sore. Kemudian setelahnya ngap-ngapan gitu bapak," bebernya.

Arief langsung membimbingnya untuk mengucapkan dua kalimat syahadat. Tak lama setelahnya, Urip Arpan mengemubskan napas terakhirnya.

"Terus saya baca syahadat diikutin sama bapak. Terus saya panggil dokter diperiksa, dari tes antigen negatif dan cek kesehatan. Ya tadi meninggal sore tadi," jelasnya.

Jenazah Urip Arpan akan dimakamkan di TPU Kawi-kawi Percepatan Negara yang berada di kawasan Kramat Sentiong, Jakarta Pusat pada hari ini, Jumat 30 Juli.

Persatuan Artis Film Indonesia (Parfi), menyampaikan turut berbelasungkawa atas meninggalnya Urip Arpan.

"Iya benar aktor senior Bang Urip Arpan yang merupakan aktor Betawi yang sudah lama kita kenal telah meninggal dunia, Kamis (29/7/2021) sore kemarin. Mohon doa dan permintaan maaf dari masyarakat bila selama hidupnya beliau punya kesalahan dan kekhilafan. Dan semoga beliau meninggal husnul khotimah, dan keluarga yang ditinggalkan mendapatkan ketabahan," ungkap Humas Parfi, Evry Joe.